Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi

Faktor-Faktor Penyebab Kebakaran Rumah yang Sering Terjadi

Kebakaran rumah adalah salah satu bencana yang menyebabkan kerugian mendalam bagi korbannya, baik kerugian material hingga risiko kehilangan jiwa. Hal tersebut pastinya bisa semakin merugikan jika Anda tak memiliki asuransi. Oleh karena itu, Anda harus waspadai berbagai faktor penyebab kebakaran berikut ini!

7 Faktor Penyebab Kebakaran Rumah

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi terjadinya bencana kebakaran pada sebuah bangunan. Contohnya seperti beberapa faktor berikut ini:

1. Konsleting Listrik

Alasan paling sering terjadinya bencana kebakaran adalah karena konsleting pada kelistrikan rumah. Ini sangat mungkin terjadi, karena masih banyak warga yang menggunakan instalasi listrik yang tak sesuai SOP. Hal tersebut juga bisa Anda lihat dari banyaknya penggunaan colokan yang tak sesuai dengan beban yang dianjurkan.

2. Kebocoran Gas

Faktor lain dari bencana kebakaran rumah adalah adanya kebocoran gas. Pemicunya bisa dari gas LPG maupun gas alam yang mungkin ada di area rumah. Kebocoran gas LPG adalah yang paling mungkin terjadi. Oleh sebab itu, masih banyak yang awam bahkan takut untuk mempelajari memasang gas LPG karena mindset bisa meledak.

3. Merokok dalam Rumah

Walaupun tidak ada salahnya merokok di rumah Anda sendiri, namun Anda harus tahu tempat dan kondisi. Karena tidak sedikit faktor penyebab kebakaran rumah karena abu rokok yang menyambar barang mudah terbakar. Jadi, ada baiknya Anda tidak merokok di dekat kasur, membuang abu sembarangan, maupun merokok saat mengantuk.

4. Lilin

Penyebab lain yang mungkin menyebabkan si jago merah melahap rumah adalah lilin. Walaupun lilin berguna untuk menerangi saat terjadi pemadaman listrik, namun Anda harus memperhatikan penempatan dari lilin tersebut. Anda bisa menggunakan tempat khusus lilin dan menjauhkan dengan barang mudah terbakar.

5. Cairan Tertentu

Selain empat hal di atas, beberapa cairan juga dapat memicu kebakaran. Selain bahan bakar seperti bensin, solar, maupun spirtus, ada berbagai cairan yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Contohnya adalah lem, parfum, bahkan tumpahan air bisa terbakar karena adanya kabel yang rusak.

6. Tersambar Petir atau Ledakan Barang Elektronik

Tak hanya faktor internal, ada juga faktor eksternal yang bisa menyebabkan kebakaran. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan dipicu oleh barang elektronik yang mengundang petir untuk menyambar rumah. Selain panas langsung dari petir, sambarang petir juga bisa memicu ledakan barang elektronik.

7. Bencana Alam Gunung Meletus

Selain petir, faktor eksternal atau faktor alam lain yang bisa menyebabkan kebakaran adalah bencana gunung meletus. Bahkan vulkanik dan lahar yang meluap tak hanya bisa membakar rumah saja. Karena suhu panasnya bisa melelehkan rumah dan seluruh isinya.

Tips Menghindari Kerugian Kebakaran Rumah!

Agar dapat menghindari risiko kerugian pada bencana ini, Anda bisa mengaplikasikan beberapa tips berikut:

  • Hindari bermain api dalam rumah, termasuk merokok, lilin, kembang api di dekat barang mudah terbakar.
  • Gunakan instalasi listrik sesuai standar nasional Indonesia.
  • Siapkan rumah dengan fire extinguisher dan smoke detector.
  • Gunakan bahan bangunan yang anti kebakaran.
  • Berlangganan asuransi kebakaran rumah dan juga jiwa untuk perlindungan dari kerugian.

Sudah Tahu Faktor dan Tips Menghindari Kebakaran Rumah?

Nah, itulah beberapa faktor terjadinya kebakaran rumah dan juga tips yang bisa Anda aplikasikan untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Karena risiko yang mungkin terjadi bisa mengancam jiwa, memiliki persiapan matang dan mencegah berbagai faktor yang menjadi penyebab si jago merah melahap rumah Anda adalah hal yang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *