3 Manfaat Rajin Mengonsumsi Daging Sapi untuk Kesehatan

Dikenal sebagai bahan makanan yang bisa memberikan dampak buruk pada tubuh, apakah Kamu tahu adanya manfaat daging sapi?

Ahli gizi Michael Joseph menerbitkan situs web Nutrition Advance di AS yang menyediakan informasi nutrisi dan kesehatan independen berbasis fakta yang didukung oleh studi dari setiap ulasan sebagai bukti.

Di halaman situs tersebut, kita diajak untuk melihat lebih dekat tentang manfaat daging sapi. Satu atau dua generasi yang lalu, orang tua dan kakek nenek dari kita memandang daging sapi sebagai makanan yang bergizi dan tentu saja bermanfaat bagi kesehatan.

Akan tetapi, perkembangan teknologi dan informasi membawa kita pada perubahan pola hidup yang berbeda termasuk dari pilihan konsumsi makanan untuk sehari-hari.

Salah satunya adalah perbedaan pendapat antara apakah daging sapi menyehatkan atau justru sebaliknya membahayakan kesehatan.

Hal ini banyak datang dari kalangan vegan atau vegetarian yang tidak makan produk daging baik daging sapi dan ayam dalam bentuk apa pun.

Termasuk telur, produk susu, atau makanan olahan yang mengandung bahan tersebut. Ini termasuk makanan dari bahan turunan hewani lainnya seperti gelatin yang berasal dari kolagen hewani.

Beberapa pandangan vegan yang lebih ekstrim di luar negeri bahkan menyerukan kepada pihak berwenang untuk menghilangkan daging dari persediaan makanan.

Padahal, ada alasan mengapa daging sapi menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi ada juga manfaat daging sapi yang dikemas dengan vitamin dan nutrisi penting.

Australian Dietary Guidelines merekomendasikan makan daging merah yang mencakup daging seperti sapi, domba, sapi muda, dan kambing karena ini adalah sumber protein, zat besi, dan zink yang hebat.

Demikian pula, Cancer Council Australia mengakui bahwa daging merah tanpa lemak merupakan sumber penting zat besi, zink, vitamin B12, dan protein.

Lembaga ini merekomendasikan orang untuk mengonsumsi daging merah matang dalam jumlah sedang yaitu 65 hingga 100 gram sebanyak tiga atau empat kali dalam seminggu.

Manfaat Daging Sapi untuk Tubuh

Melihat berbagai rekomendasi tentang konsumsi daging sapi, jadi apa saja sebenarnya manfaat daging sapi selain sebagai sumber protein hewani?

1. Manfaat Daging Sapi untuk Meningkatkan Massa Otot

Ada banyak alasan mengapa seseorang harus berusaha untuk memastikan asupan protein yang cukup, dan membantu meningkatkan masa otot adalah salah satunya jawabannya.

Protein adalah bahan pembangun yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dan memproduksi tulang, kulit, dan tulang rawan. Protein yang cukup, akan membantu seseorang untuk bergerak dan mempertahankan massa otot tanpa lemak.

Dari semua makronutrien, protein adalah yang paling mengenyangkan dan itu mencegah seseorang menginginkan makanan lain.

Mengutip Nutrition Data, manfaat daging sapi merupakan salah satu sumber protein terbesar dalam makanan manusia. Misalnya, porsi 170g dari 80% daging sapi tanpa lemak akan menyediakan 46 gram protein.

Jika Kamu memilih daging sapi yang lebih sedikit lemak, maka kandungan proteinnya bisa menjadi lebih tinggi .

2. Manfaat Daging Sapi Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi yang umum dan ditandai dengan penurunan jumlah sel darah merah serta penurunan kemampuan darah untuk membawa oksigen.

Kekurangan zat besi adalah salah satu penyebab dari anemia. Gejala utamanya adalah letih, lemah dan lesu.

Manfaat daging sapi adalah sumber zat besi yang kaya terutama dalam bentuk zat besi heme. Kandungan ini hanya ditemukan dalam makanan hewani, dalam jurnal Nutrition Bulletin disebutkan zat besi heme seringkali sangat rendah dalam makanan vegetarian dan terutama vegan.

Tubuh seseorang lebih mudah menyerap zat besi heme jauh daripada zat besi non-heme atau jenis zat besi dalam makanan nabati.

Jadi, daging tidak hanya mengandung zat besi yang hanya tersedia secara hayati, tetapi juga meningkatkan penyerapan zat besi non-heme dari makanan nabati.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging sapi dapat meningkatkan penyerapan zat besi non-heme bahkan dalam makanan yang mengandung asam fitat, penghambat penyerapan zat besi.

American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa daging lebih efektif sebagai suplemen daripada tablet zat besi, didalam mempertahankan status zat besi pada wanita selama sedang berolahraga.

Oleh karena itu, makan daging merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah anemia defisiensi besi. Ini penting untuk Kamu dan seluruh keluarga yang lain, terutama Si Kecil yang sedang masa pertumbuhan.

3. Manfaat Daging Sapi untuk Meningkatkan Antibodi

Manfaat daging sapi selanjutnya adalah sebagai sumber zinc yang baik dan dibutuhkan tubuh untuk menyembuhkan jaringan yang rusak dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Anak-anak dan remaja juga membutuhkan zinc dalam jumlah yang seharusnya untuk memastikan mereka tumbuh dan berkembang.

Itu dia, ragam manfaat daging sapi serta efek samping dari konsumsinya. Untuk memperoleh daging, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah daging secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain daging ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya